Menyongsong WALUKU! Festival

Di tengah pesimisme Indonesia terhadap kekhawatiran berbagai permasalahan tadi. Ada semangat baru yang tumbuh dan berkembang pada generasi muda bangsa ini.

Ada banyak anak muda yang memilih jalan hidup sebagai penggerak perubahan. Mereka adalah generasi muda yang memilih menjadi para petani, nelayan, peternak, entrepreneur. Dan ternyata mereka banyak jumlahnya.

Petani Muda berbicara tentang semangat optimisme terhadap Indonesia yang lebih baik. Kami ingin menyampaikan kabar gembira pada dunia bahwa generasi muda Indonesia berusaha hadir untuk menjawab permasalahan negeri ini

Kami akan menceritakan tentang kisah anak-anak muda yang sedang berjuang dan bergerak di berbagai wilayah di Indonesia. Ini adalah harinya para petani muda. Berkumpulnya gerombolan anak muda yang peduli terhadap isu pertanian Indonesia.

Bukan hanya tentang mereka yang secara individu ataupun berkelompok memilih pertanian sebagai profesi, namun lebih dari itu, untuk siapa saja yang memiliki perhatian terhadap pertanian Indonesia. Tentang petaninya, alamnya, proses distribusinya hingga para penikmat hasil panen para petani. Seperti kebudayaan-kebudayaan lain di dunia, masyarakat asli Indonesia sudah sejak lama menaruh perhatian pada langit.

Pada tingkatan praktis, pengamatan langit digunakan dalam pertanian dan pelayaran. Dalam masyarakat Jawa dikenal pranatamangsa, yaitu peramalan musim berdasarkan gejala-gejala alam, dan umumnya berhubungan dengan tata letak bintang di langit. Waluku adalah sebutan masyarakat Jawa tradisional untuk menyebut tiga bintang dalam sabuk Orion dan digunakan sebagai pertanda dimulainya masa tanam.

Kami, Petani Muda dan IAAS Indonesia LC UGM, berkolaborasi dengan para penggiat petani muda di sekitar kita dalam festival pertanian yang bertajuk Waluku Festival. Waluku Festival merupakan sebuah acara yang mewadahi pelaku usaha dan penggiat bidang pertanian untuk mengenalkan produk maupun komunitasnya ke generasi muda.

Tujuan kami dalam Waluku Festival, yaitu : untuk menumbuhkan minat masyarakat terutama generasi muda mengenai bidang pertanian dan ilmu terkait, meningkatkan kesadaran masyarakat terutama generasi muda terhadap isu pertanian di Indonesia, dan mewadahi generasi muda untuk memperluas jaringan kerjasama dengan penggiat bidang pertanian. Acara ini dikemas dalam bentuk workshop, talkshow, dan bazar tani dengan penyelenggaraan pada :

     hari             : Jumat-Sabtu, 28-29 September 2018

     waktu         : 13.00-18.00 WIB ; 09.00-19.00 WIB

     tempat        : Plaza Entrance Wisdom Park UGM

Ayo, bergabung dan berjuang bersama untuk sadar akan pentingnya bertani dimulai dari langkah kecil bergabung dengan kami dan menjalin jaringan dengan para penggiat petani muda di sekitar kita ^^